by

Sekolah Binaan Adhyaksa, Agar Pelajar dan Guru Melek Terhadap Hukum

SUMSEL.NEWS – OKU Timur – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belitang OKU Timur telah resmi menjadi salah satu sekolah binaan adhyaksa Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timu), Peresmian ditandai dengan pemukulan gong secara langsung oleh Kepala Kejari OKU Timur Dr  Akmal Qodrat didampingi Kepala Dinas Pendidkan Dan Kebudayan (Disdikbud) OKU Timur Wakimin S.Pd MM secara bersama saat melaunching sekolah binaan adhyaksa, bertempat di Aula SMPN 1 Belitang, OKU Timur, Selasa (15/2/2022).

Menurut Dr Akmal Kodrat selaku Kajari OKU Timur, mengatakan kegiatan ini (sekolah binaan adhyaksa) diwujudkan berdasarkan  dari program bidang intelijen yakni jaksa masuk sekolah, penyuluhan hukum, dan program penerangan hukum.

“SMPN 1 Belitang merupakan sekolah kedua yang menjadi binaan pihaknya. Adapun kelebihan dari sekolah binaan adhyaksa adalah sekolah bisa sewaktu-waktu bisa melakukan konsultasi hukum kepada kejaksaan tentang kata-kata atau definisi hukum,” Kata.

Disebutkan pria yang mendapat gelar adat Batin Niti Hukum dari Lembaga Pembina Adat Daerah OKU Timur, banyak keuntungan didapatkan oleh sekolah yang dijadikan sebagai binaan adhyaksa. Seperti keuntunganya dari segi tenaga pengajarnya, akan lebih mudah melakukan adaptasi dengan perubahan dan perkembangan hukum, karena pihaknya (Kejaksaan) mendampingi.

Dari sisi murid, para jaksa di Kejari OKU Timur pada setiap dua bulan akan memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang hukum.

“Kewajibanya cuman satu, saya mengharapkan sejak dilaunchingnya sekolah binaan adhyaksa ini, ibu bapak guru yang ada di SMPN 1 Belitang ini proaktif untuk berkomunikasi dengan kejaksaan juga, jadi jangan (Launching) simbolis semata, jangan hanya formalitas semata tetapi juga diakomodir dinas pendidikan,” Kata Alumni Strata Tiga Fakultas hukum UGM lulus Tahun 2012 ini, yang pernah menjadi Ketua Tim Penyidik Pidsus Kejati Bali saat menangani kasus dugaan korupsi pengadaan kapal ikan di Buleleng ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur Wikimin, usai kegiatan launching sekolah binaan Adhyaksa, mengharapkan dengan adanya kegiatan jaksa masuk sekolah berharap siswa dapat melek hukum, dan dapat memberikan manfaat bagi genersi yang ada di OKU Timur terkait pemahamann tentang hukum, dan para pegawai sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan tenang dan baik.

“harapan kami anak-anak saat ini bisa melek hukum secara dini, kemudian para bapak ibu guru sekolah dapat melaksanakan dengan tenang dan baik. Karena melek terhadap hukum yang ada,” harap pria yang pernah membawa harum nama olahraga Bola Voli OKU Timur di Tingkat Sumsel  ini. (apen saputra)

Comment