by

Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Puluhan hektar lahan sawah di Desa Srimulyo, Kecamatan Madang Suku II, OKU Timur kondisinya terendam air, Kondisi sawah yang terendam sejak malam sabtu (22/1/2021) Hingga senin (24/1/2021). Sawah terendam selama tiga malam.

Tanaman padi yang terendam ada yang sudah dilakukan pemupukan sebanyak dua kali atau berumur satu bulan lebih. Sebagai petani hanya pasrah dengan kondisi sawah yang terendah, dan berharap air segera surut.

Bila air tak kunjung surut  akan membuat rusak tanam padi, dan pengeluaran mulai pembibitan, upah tanam dan pemupukan tanaman menjadi sia-sia dan merugikan petani.

Sebab bila melakukan penanaman ulang padi, maka petani akan mengeluarkan biaya dua kali lipat kembali untuk melakukan pembibitan dan penanaman ulang tanaman padi.

Menurut  Susanto Petani di Desa Sri Mulyo, Kecamatan madang Suku II, Mengatakan sawah terendam terjadi setelah hujan semalaman Pada Jumat Malam (21/1/2022), Membuat sawah milik puluhuna petani di Desa Srimulyo terendam, banjir kali ini merupakan yang kedua kalinya dimusim tanam saat Ini.

”Kurang lebih empat harilah, kurang lebih 10-12 hektar,” Katanya, kepada wartawan.

Santo berharap mendapatkan apa yang dialami petani mendapatkan perhatian Pemerintah, berupa bantuan pupuk dan benih padi untuk penanaman kembali.

“Harapan kita sih kalau bisa dikasih bantuanlah berupa benih padi dan pupuk,” ucapnya.  

Pantau pada Senin pagi (24/1/2022) lahan sawah milik petani di Desa Margotani, Kecamatan Madang Suku II, berada di dekat sungai Pandan terlihat terendam air.(apen)

Comment