by

Petani OKU Timur Sulit Dapatakan Pupuk Bersubsidi

Sumsel.news – OKU Timur – Telah berjalanya musim tanam dan sudah tiba waktunya memupuk tanaman padi di sawah saat ini, sejumlah petani di Kabupaten OKU Timur mengaku kesulitan medapatkan pupuk. Para petani berharap ada solusi untuk mengatasi masalah ini.

Suwarno Petani di Desa Srimulyo, Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur, mengaku sangat kesulitan medapatkan pupuk, bahkan dirinya sudah keliling mencari pupuk ke kios di wilayah Kecamatan Madang Suku II, Namun tak ada stok pupuk di kios-kios.

“ ini sudah waktunya pupuk, mau mupuk nggak ada pupuk, pupuk kosong terus. Sudah keliling pada kosong, Kalau bisa dikeluarkanlah pupuk itu sama pemerintah,” ucapnya, Minggu 3 Januari 2021.

Dikatakan Suwarno berharap pemerintah bisa segera mecarikan solusi bagi permasalahan petani padi ini. karena kebutuhan pupuk sudah mendesak padi sudah waktunya untuk dipupuk. kalau melihat jadwal tanam biasanya bulan desember itu sudah tanam semua, ini awal januari masih ada yang belum tanam atau jadwal tanam sebernarnya sudah mundur.

Wagino menambahkan, masalah petani dari tahun ketahun yang dihapi sama, yaitu kelangkaan pupuk dimusim tanam dan anjloknya harga gabah di musim panen. Sejak dahulu itu permasalahan yang dihadapi petani, tak pernah beres.

 “Petani sangat berharap perhatian terhadap permasalah kesulitan pupuk  dimusim tanam ada solusi dari pemerintah, dan harga gabah jangan murah diwaktu panen,” pintanya.(apen)

Comment