by

Pesantren Ramadhan

-Genpol-83 Views

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Setiap tahunnya, SMK Muhammadiyah Belitang menggelar pesantren dibulan ramadhan. Pesantren ramadhan dibuka pada tanggal  15 sampai 21 April 2021. Diikuti oleh kelas X (Sepuluh) dan Xl (Sebelas).

Mengingat adanya wabah Covid 19, yang masih berlangsung sampai saat ini, pihak sekloah membagi 2 tahap. Bertujuan agar tidak terjadi keramian di dalam masjid, adapun kegiatan selama 3 hari tersebut yakni : dua hari para siswa-siswi mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh para guru yang akan menjadi materi para siswa dalam perlombaan nantinya.

Karena pada hari ketiga pihak sekolah mengadakan lomba untuk para siswa, lomba tersebut guna melihat sampai mana pemahaman siswa dari yang disampaikan oleh pemateri dua hari lalu dan membuat para siswa agar mampu  berbicara didepan umum.

Adapun lombanya yaitu lomba ceramah, sholat, cerdas cermat. Bukan hanya itu saja, pesantren ramadhan dilakukan bertujuan juga untuk memberikan pemahaman kepada siswa/siswi betapa istimewanya bila kita puasa dibulan ramadhan dan melakukan amalan-amalan kebaikan sekecil apapun itu.

Dibulan ramadhan Allah SWT membuka pintu ampunan bagi orang yang inggin bertaubat menyadari kesalahannya. Jadi dari diadakannya pesantren romadhan diharapkan para siswa bisa lebih lagi mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Oleh Anton Sumarta Siswa SMK Muhammadiyah Belitang

Comment