Pemkab OKU Timur Terima Penghargaan Inovasi Ketahanan Pangan

OKU Timur, Palembang930 Dilihat

SUMSEL.NEWS – PALEMBANG -Pemerintah Kabupaten OKU Timur kembali Menerima penghargaan mata lokal inovasi ketahanan pangan. Pada Selasa (12/7/2022). Di Griya Agung Palembang.

Penghargaan mata lokal bidang ketahanan pangan. Merupakan penghargaan diberikan kepada kepala daerah berinovasi dan bersumbangsih mewujudkan program sumsel mandiri pangan dipelopori Gubernur Sumsel H Herman Deru. Penghargaan diberikan dalam Sarasehan Nasional mengusung tema 1001 Cerita dari Bumi Sriwijaya untuk Indonesia Maju Menuju Sumsel Mandiri Pangan.

“Penghargaan untuk bapak Bupati untuk inovasi ketahanan pangan, dalam mendukung Sumsel mandiri pangan. Inovasi Pembentukan BUMD Agrobisnis dan Pengelolaan Logistik Daerah” Jelas Nardianto Direktur PUD Agribisnis dan Logistik Daerah OKU Timur,  kepada  sumsel.news via whatsapp, Selasa (12/7/2022).

Tampak penghargaan diterima langsung oleh Bupati OKU Timur H Lanosin, didampingi Direktur PUD Agrobisnis dan Logistik OKU Timur Nardianto. Diserahkan oleh Pemred Tribun Sumsel-Sripo Weni.

Sementara Bupati OKU Timur Lanosin mengatakan, PUD Agrobisnis dan Logistik ini dibentuk sebagai upaya untuk mengendalikan surplus pangan di Kabupaten OKU Timur seperti beras dan gabah.

 “Selain produksi, itu juga tentang keberpihakan kepada petani dan dalam waktu dekat kita akan membuat Sistem Resi Gudang (RSG)” Ujar Bupati Enos.

Adapun SRG yang dimaksud akan difokuskan sebagai tempat penyimpanan beras dan gabah dari petani yang rencananya akan dibangun di Sukaraja.

“Tanaman jagung, kopi dan beberapa tanaman lain sebenarnya bisa, namun untuk mengawali karena di OKU Timur ada beras dan gabah maka itu menjadi prioritas” Jelasnya.

Narasumber dalam sarasehan ini diantaranya Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru, Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian Inti Pertiwi Nashwari, Tokoh Masyarakat Peduli Pertanian Komjen Pol. (Purn) Drs. Susno Duadji dan Perwakilan PT. Pusri.

Apen Saputra

Komentar