by

Pemkab OKU Timur Gelar Rakor Pendataan Keluarga

Sumsel.news – OKU Timur – Pemerintah Kabupaten OKU Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Keluarga Tahun 2021. Rakor dipimpin oleh Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha, di Aula Bina Praja II, Jumat (19/3/2021)

Bupati OKU Timur H Lanosin dalam sambutannya melaui Wakil Bupati, bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) diperlukan data dan informasi keluarga yang dikelola dalam sistem informasi keluarga.

Kepada seluruh OPD yang terkait dan seluruh Camat untuk membuat koordinasi dengan desa di wilayahnya. Untuk dapat meneruskan informasi mengenai Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21) kepada masyarakat OKU Timur, berlangsung 1 April sampai 31 April mendatang.

“Sampaikan informasi pendataan keluarga ini ke tetangga dan lingkungan masyarakat kita, bahwa di tanggal 1 April – 31 Mei 2021 akan ada petugas yang datang untuk mendata hal-hal yang menyangkut dengan meluarga, mudah-mudahan tugas pendataan keluarga ini berjalan lancar dan sukses.” Ucapanya.

Pendataan keluarga tahun 2021 merupakan hal yang berbeda dari sensus penduduk yang dilakukan oleh biro Pusat Statistik sensus penduduk dilaksanakan 10 tahun sekali sedangkan pendataan keluarga dilakukan per lima tahun sekali

Dengan kegiatan ini, agar dapat mengetahui jumlah komposisi dan karakteristik penduduk. Selain itu mengetahui kondisi keluarga dan pemerintah mendapatkan data keluarga Indonesia.

”Sesuai Undang – Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014.” Imbuhnya

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) OKU Timur Mutmaimunah SE MM menyampaikan bahwa hal – hal teknis persiapan Pendataan Keluarga tahun 2021 meliputi Petugas Pendataan dan Formulir Pendataan. Tertuang dalam Undang – Undang Nomor 52 Tahun 2009 dan diperkuat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 87 tahun 2014 dan Surat Edaran Bupati OKU Timur tahun 2021.

Baca Juga :   Gubernur Herman Deru dan Bupati Kholid MD Bareng Hadiri Pengajian Akbar dan Triwulanan PAC Muslimat NU Buay Pemuka Peliung

”Pendataan Keluarga Seharusnya dilaksanakan tahun 2020, karena adanya pandemik covid-19. Sehingga dilaksanakan tahun 2021, dan kegiatan ini dilaksanakan pada 1 April sampai 31 Mei 2021 serentak secara nasional sebagai indikator kependudukan keluarga berencana,” jelasnya.

Dia menambahkan, Sebelum turun melakukan pendataan, tenaga pendata akan mengikuti pembinaan yang meliputi teknis pendataan melalui pengisian formulir, karena ada dua formulir terpisah yaitu Formulir Pendataan Keluarga (PK21) dan Formulir Pendata.

“Berharap Pemerintah daerah dapat mendukung penuh kegiatan ini, demi terwujudnya OKU Timur Maju lebih mulia,” pintanya.

Turut hadir Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Timur, Kepala Dinas Disdukcapil, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Perencanaan Litbang, Para Camat. (Apen).

Comment

News Feed