by

Pembukaan Festival Pelajar OKU Timur

SUMSEL.NEWS – PENDIDIKAN – Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur DR  Sopiyan Hadi secara resmi membuka Festival Pelajar OKU Timur, dengan telah resmi dibuka maka ajang tingkat kabupaten yang pesertanya pelajar jenjang SD dan SMP dimulai. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Halaman SMP Negeri 1 Belitang, Pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Seperti diketahui, Festival Pelajar OKU Timur merupakan rangakaian dari lima kegiatan. Diantaranya, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN), Kompetisi Sains Nasional (KSN), Gala Siswa Nasional (GSI), dan Festival Bulan Bahasa.

Ketua Panitia Festival Pelajar OKU Timur Himawan Bastari, dalam laporanya mengatakan Pelaksanaan KOSN dilaksanakan pada 21-22 Oktober 2021. Untuk KOSN OKU Timur 2021, cabang olahraga yang dipertandingkan seperti Atletik, Karate, Pencak Silat, Bulu Tangkis, Senam, Renang, dan Sepak Bola Mini.

Dari ketujuh cabang olahraga yang ditandingkan, masing –masing mempertandingkan jenjang SD dan SMP, kecuali  Sepakbola mini khusus untuk jejnag SD.  Pihak panitia akan memberikan hadiah berupa medali dan piagam bagi juara 1, 2 dan 3.

“Kegiatan diikuti sebanyak 470 peserta, semoga berjalan dengan baik,” Kata Pria yang saat ini menjabat Kepala Seksi Pembinaan Karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur ini.

Alumni Pascasarjana Universitas PGRI Palembang tahun 2021 ini merinci, untuk jadwal Gala Siswa Indonesia OKU Timur 2021, pelaksanaanya pada tanggal 22-26 Oktober. Untuk FL2SN, pelaksanaanya pada 25 Oktober mendatang.

Kompetisi Sain Nasional (KSN), pelaksanaanya pada 25 Oktober mendatang. Dan puncaknya Festival Bulan Bahasa 2021, dilaksanakan pada 28 Oktober 2021 atau tepat pada hari sumpah pemuda.

“Untuk pelaksanaan festival bulan bahasa akan dilaksanakan di Singaapor, Gumawang, Belitang,” ucapnya merinci jadwal kegiatan Festival Pelajar OKU Timur.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur, melalui Sekretaris Dinas Sopiyan Hadi, meminta dan meningatkan  para peserta yang bertanding tetap mematuhi protokol kesehatan, dan bertanding dengan penuh semangat, serta mengucapkan selamat bertanding untuk paara peserta.

Pria yang memiliki moto hidup, bila berjuang tidak mau setengah-setnagh ini, mengharapkan ajang KOSN OKU Timur mampu melahirkan bibit –bibit atlet yang kelak diiharapkan mampu mengharumkan nama Kabupaten OKU Timur di Ajang Provinsi dan Nasional.  

“Mendapatkan juara sejati bukan juara abal-abal, mudah mudahan dari KOSN ini bisa menghasilkan bibit atlet yang bisa membanggakan OKU Timur, bisa berlanjut di tingkat provinsi dan di tingkat Nasional,” ucapnya.(apen)

Comment