Pembelajaran Diluar Kelas Mahasiswa PBI Semester III Universitas Nurul Huda

OKU Timur, Pendidikan279 Dilihat

Sumsel.news – Pendidikan – Mahasiswa Semester III Universitas Nurul Huda Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dari Grub A atas nama, Anistya Pratama, Aqlin Naila RM, Ghefira Zahira Shofa, Lilia Putri Lestari, Masfufah.

Melakukan implementasi metode pembelajaran serta menggunakan multimedia sebagai model pembelajarannya, dengan hasil berupa video pembelajaran kepada siswa kelas XI SMP Negeri 2 Buana Pemaca. Materi tentang Definition Deskriptif and Example Narrative.

Kegiatan dilakukan guna menyelesaikan tugas akhir pada mata kuliah Deskriptif and Narrative Writing, dengan dosen pengampu Mrs Hastuti Retno Kuspiah, M.Pd. di SMP Negeri 2 Buana Pemaca. Pada Senin, (08/01/2024).

Tidak seru rasanya kalau mengadakan kegiatan belajar diluar kelas tetapi hanya sedikit pengalaman belajar yang dapat diperoleh. Pembelajaran di luar kelas banyak memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai pasca pelaksanaan semuanya menjadi pengalaman yang seru.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempraktekkan langsung bagaimana proses pembelajaran yang sebenarnya. Mahasiswa juga dapat mengetahui apa saja yang akan dihadapi dan masalah apa saja yang akan ditemui serta mengetahui bagaimana caranya untuk menghadapi permasalahan-permasalahan saat menghadapi siswa dikelas.

Di sini kita (penulis, dkk) telah melakukan implementasi di SMP Negeri 2 Buana Pemaca yang berada di sebuah desa perdalam dan sangat jarang dilihat oleh pemerintah, tentu banyak sekali yang telah kita lewati untuk sampai di sekolah tersebut. Mulai dari berangkat hingga sampai terlaksana, namun antusias dari peserta didiklah yang membuat kita semangat saat disana.

Pertama kita (penulis) mempersiapkan materi untuk dipaparkan, kedua kita juga mengajak ice breaking peserta didik dan ketiga kita juga memberikan sedikit give untuk peserta didik yang berprestasi.

“Dan tentunya banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan disana yaitu tentang bagaimana kita bisa memahami peserta didik SMP Negeri 2 Buana Pemaca, bisa mengetahui karakter banyak anak anak, saling memahami satu dengan lain, dan bisa membantu mereka untuk lebih semangat untuk belajar,” Ujar Masfufah, Salah satu anggota Grub A.

Didalam kelas semua murid antusias dengan menggunakan metode yang menyenangkan.

“Proses-proses pembelajaran berlangsung berjalan lancar, materi mudah dipahami, dan kelas menjadi lebih seru dengan banyaknya permainan,” Ujar salah satu siswa dikelas.

Dari sinilah mahasiswa Universitas Nurul Huda Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah mengetahui dan merasakan bagaimana menjadi seorang pendidik yang kompeten, profesional dan mampu memanagement waktu.

Ditulis oleh Masfufah Mahasiswa  PBI Semester III Universitas Nurul Huda

Komentar