Pameran Bonsai Tingkat Nasional Di OKU Timur Ditutup Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru

Nasional, OKU Timur718 Dilihat

Sumsel.news – OKU Timur – Acara pameran bonsai tingkat nasional yang diselenggarakan di taman Tani Merdeka Martapura Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Berjalan sukses dengan hadirnya berbagai jenis tanaman bonsai dari wilayah Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

 Pada acara bonsai Ini, ada sebanyak 551 jenis tanaman bonsai yang dipajang, yakni Madya sebanyak 47 pohon, Kelas Pratama sebanyak 145 pohon, dan kelas Prosfek dìikuti 359 pohon.

      Pembukaan sekaligus penutupan pameran bonsai tingkat nasional ini, dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Sekjen  PPBI pusat, Ketua Kormi Sumatera Selatan, General Manager Sumatera Ekspres, Bupati OKU Timur, Kapolres OKU Timur, Organisasi Perangkat daerah (OPD) Sum-sel. OPD dilingkungan Pemkab OKU Timur, Panitia penyelenggara, serta peserta dan masyarakat.

       Pembukaan dan penutupan dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Gubernur Sumatera Selatan sebagai tanda acara buka sekaligus penutupan.

 Acara pameran sudah berjalan sejak tanggal 19 Juni lalu, namun puncak acaranya digelar tanggal 25  Juni 2023.

       Pada puncak acara dilakuan penyerahan hadiah satu unit sepeda motor dari Gubernur Sumatera selatan  kepada pemenang pameran bonsai.

        Andrias Tukimin Ketua Penggemar Perkumpulan Bonsai Indonesia (PPBI), kepada wartawan menyebutkan bahwa tujuan dari pameran bonsai tingkat nasional yang diadakan di OKU Timur. Yakni untuk mengenalkan seni bonsai kepada Masyarakat seluruh OKU Timur, dan untuk pelestarian tumbuhan, serta meningkatkan ekonomi pada daerah kabupaten OKU Timur.

        “Bonsai itu sendiri sebagai seni, bilamana terus dikembangkan bisa menjadi program pariwisata yang diminati oleh wisatawan dari mancanegara,” sebutnya

         Andrias Tukimin memberikan apresiasi kepada PPBI Cabang OKU Timur ,yang telah berhasil menggelar acara bonsai tingkat nasional. Ia kagum terhadap pelaksanaan pameran yang telah dilaksanakan, karena dalam waktu kurang  dari sebulan. Panitia bisa mempersiapkan semuanya, dan bisa mengundang dari sebagian provinsi di Indonesia.

     “Saya berpesan kepada PPBI OKU Timur supaya event ini tidak berhenti sampai disini, akan tetapi  terus berlanjut dan berkembang kedepannya hingga tingkat internasional,” ucapnya.

        Habibi pemenang pameran bonsai tingkat nasional perwakilan dari PPBI Lampung Tengah merupakan tim 81 dengan kategori madya, menampilkan pohon beringin kimeng. mengucapkan terimakasih kepada juri dan panitia  atas apresiasi yang diberikan kepada pohon bonsainya.

“Apresiasi yang diberikan kepada kami, akan menjadikan kami lebih semangat lagi untuk event-event selanjutnya,” kata kepada wartawan yang meliput acara..

       Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, tampak memberikan mendukung penuh pada kegiatan ini. karena dengan adanya event nasional ini OKU Timur, lebih dikenal oleh masyarakat luas dan melestarikan tumbuhan yang ada disekitar kita.

Anton Sumarta

Komentar