by

OSIS SMPN 1 BMR Jadi Percontohan

-Pendidikan-1,138 views

Sumsel.news – Pendidikan – Bila anda melihat prosesi pelantikan para Kades terpilih yang dilakukan oleh Bupati OKU Timur H Lanosin pada bulan Juni lalu, seperti itulah jalannya pelantikan Ketua dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya (BMR) oleh Kepala SMPN 1 BMR Drs Sri Margono, Karang Binangun, Belitang Madang Raya, pada Senin Pagi Pukul 09.15 WIB.

Pelaksanaan Pelantikan OSIS SMPN 1 BMR digelar di Lapangan Basket yang terletak ditengah sekolah atau belakang kantor kepala sekolah, dengan mentaati protokol kesehatan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, tidak kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Saat pelantikan, Kepala SMPN 1 BMR melantik secara langsung para siswa yang terpilih sebagai pengurus OSIS. Sebelum naskah ikrar pelantikan dibacakan, siswa diingatkan dengan pertanyaan mengenai kesangggupan para calon siswa menjalankan organisasi, menjadi teladan bagi siswa, membantu mensukseskan kegiatan sekolah, dan dijawab serentak siap oleh para siswa.

Pengurus yang dilantik mengenakan seragam atasan putih dan bawahan biru lengkap dasi dan rompi. Ketua OSIS memegang bendera merah putih didadanya, sebagaimana permintaan  kepala sekolah, Ketua OSIS SMPN 1 BMR 2021-2022 dijabat oleh Cheysa Aufa Aderias.

“Alhamdulilah dan saya ucapkan terimakasih kepada warga sekolah yang telah mempercayakan amanah, dan kepada dewan guru mohon bimbingannya sehingga saya mampu menjalankan amanah ini,” kata siswi bila dirumah dipanggil dengan sebutan Ayuk Cheysa.

Kedua orang tua Cheysa Ketua OSIS hadir saat pelantikan pengurus osis, turut mendapatkan undangan dari sekolah untuk hadir menyaksikan pelantikan putri sulung mereka. “Cheysa Aufa Aderias ini putri pertama saya, mudah-mudahan dengan dilantik sebagai ketua menambah pengalaman dan semangat, dan kompak  bersama dalam menjalankan amanah ini,” Ucap Dedi Hardianto.

Baca Juga :   Bimbel Gratis, Program Mahasiswa Patut Dicontoh

Sementara Drs Sri Margono MM selaku Kepala SMPN 1 BMR, menyebutkan pemilihan hingga pelantikan pengurus osis melalui proses yang cukup panjang, karena sebelumnya diawali dengan pembentukan majelis perwakilan kelas (MPK), dan Komisi Pemilihan Osis (KPO).

KPO inilah yang melakukan penjaringan, penyaringan dan akhirnya menetapkan bakal calon, dan terakhir ada lima calon ketua dan wakil ketua osis ditetapkan.

“Hari ini tadi dilalaukan pelantikannya, Pemilihanya dilakukan secara virtual kapada seluruh siswa yang jumlahnya sebanyak 851 siswa, Alhamdulilah berjalan lancar dan sukses,” sebut pria kelahiran Karang Anyar, Jawa Tengah ini.

Menurut kepala sekolah yang dimasa mudanya sampat menempuh dan menyelesaikan pendidikan sarjana di Kampus Universitas Muhammadiyah Solo ini, mengatakan para pengurus sebelum bekerja akan diberikan pembekalan selama dua hari.

“Harapan saya dengan terbentuknya pengurus osis yang baru mereka akan mengikuti pembekalan pengurus osis, diberikan materi akademik, materi keorganisasian, karakter, mental,” terangnya, menjelaskan rencana selanjutnya setelah pelantikan.

Disebutkanya, pelaksaan begitu panjang dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran kepada para siswanya mengenai pembelajaran organisasi, dan menginat SMPN 1 BMR merupakan sekolah rujukan yang ditetapkan oleh Kemendinas pada tahun 2018 lalu. “OSIS kita harus menjadi percontohan bagi osis sekolah lainya,” sebutnya.

Pada tahun 2004, Saat itu penulis lulus dari SDN Sumber Mulya, Mesuji, Kabupaten OKI, ketika penulis masih bersatus sebagai siswa lulusan sekolah dasar menginginkan sekali melanjutkan ke sekolah ini, dikarenakan sedang menemani nenekku yang ada di Kabupaten OKI dan melanjutkan di SMPN 2 Mesuji di Desa Catur Tunggal.

Setahuku saat itu, sekolah ini (SMPN 1 BMR) menyandang status sebagai sekolah RSBI  atau Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.  RSBI merupakan program Menteri Pendidikan Nasional berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun2003. (apen saputra)

Baca Juga :   Pengurus FKBKK SMK Sumsel 2021-2025 Resmi Terbentuk

Comment

News Feed