by

Olimpiade Sains Nasional Ciptakan Pelajar OKU Timur Berwawasan

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Puluhan pelajar di Kabupaten OKU Timur bertanding dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten. Senin (20/6/2022). Kegiatan juga memberikan kesempatan kepada pelajar yang dari desa melihat Keindahan Ibu Kota Martapura.

Pelajar merupakan perwakilan dari kecamatan di Kabupaten OKU Timur. Olimpiade Sains Nasional merupakan kegiatan tahunan dari dinas pendidikan dan kebudayaan OKU Timur. Sebagai upaya peningkagtan kualitas dan wawasan serta intelektual pelajar.

Tahun ini, Kompetisi Sains Nasional digelar  di SMP Negeri 1 Martapura. KSN untuk jenjang SMP mengerjakan soal-soal matematika, IPA dan IPS. Sementara jenjang dikompetisikan mata pelajaran Matematika dan IPA.

Peserta KSN diikuti oleh 20 kecamatan.  Dari jenjang SD ada 18 peserta mata pelajaran matematika dan 18 peserta mata pelajaran IPA. Untuk jenjang SMP ada 27 peserta mata pelajaran Matematika, 22 peserta dari mata pelajaran IPA dan 21 peserta mata pelajaran IPS.

Tujuan OSN menciptakan peserta didik yang berpotensi, tentunya memiliki wawasan yang luas dan juga intelektual ”, Kata Cici Trisya Widi Hastuti Ketua Panitia Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten OKU Timur. Dengan penuh semangat menjelaskan.

Panitia Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten tiga juara dengan tertinggi, diberikan tropy dan piagam. Siswa menjadi juara pertama selanjutkan mendapat kesempatan ikut serta Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional.

Bila tahun lalu, Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten dilaksanakan di SMP Negeri 1Belitang Madang Raya di terletak di Desa Karang Binangun. Tahun ini, di SMP Negri 1 Martapura. Mungkinkah tahun depan dilaksanakan tidak dua tempat ini, ditempat yang baru lagi. Bisa juga dilaksanakan di Desa Wisata Purwosari dengan Embung Puri Idamanya. Dilokasi ini, siswa bisa bertanding sambil berwisata air.

Sebab kabarnya desa wisata ini, Dinobatkan sebagai tempat wisata terbaik ke delapan di Provinsi Sumsel. Serta masuk 400 besar desa wisata terbaik dari 4ribu nominasi oleh Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif. Tetapi itu wewenang panitia.

Apen Saputra

Comment