by

OKU Timur Miliki Kampung Literasi

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Bunda Literasi OKU Timur Nyonya Sheila Lanosin  melakukan kunjungan kerja di Kampung Literasi, Desa Srikaton, Buay Madang Timur. Pada Jumat (22/7/2022).

Di Kampung leterasi terdapat taman bacaan sahabat, menyediakan berbagai macam buku bacaan. Mulai dari bacaan anak-anak, ramaja, novel, perikanan dan lainnya.

Taman bacaan sahabat yang dikunjungi Bunda Leterasi OKU Timur, terbagi dalam dua bangunan rumah warga. Disekeliling pekarangan dipenuhi tanaman anggur, biasa dipetik para pengunjung rumah baca sahabat.

Berdasarkan laporan Sri Bunda Literasi Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang Timur. Rumah baca sahabat berdiri sejak tahun 2019 lalu. Selain tersedia buku bacaan, mengajarkan anak putri untuk menari. Jadwal menari pada hari selasa, rabu, dan minggu.

“Ada roadshow door to door juga, mengumpulkan barang yang tidak berguna. Kita lakukan daur ulang dan tak bisa digunakan kami jual kembali,” jelasnya melaporkan.

Camat Buay Madang Timur Muhammad Andre, didamping Bunda literasi Kecamatan Buay Madang Timur, dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah. Tampak menyambut dan mendampingi kedatangan Nyonya Sheila Lanosin.

“Selamat datang kami ucapkan, di Kampung Leterasi Desa Srikaton, Buay madang Timur” ucap Muhammad Andre saat meberikan sambutan singkatnya.

Kedatangan Bunda Literasi OKU Timur Nyonya Sheila Lanosin di Kampung Literasi Desa Srikaton, membuat masyarakat bahagia.  Tampak betul kebahagian warga karena dikampung mereka kedatangan Istri orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan itu.

Bunda Literasi OKU Timur Sheila Lanosin dalam sambutanya, mengharapkan para pemuda di Bumi Sebiduk Sehaluan lebih giat dalam meningkatkan kapasitas diri. Kepasitas diri dimaksud adalah menambah kemampuan diri menghadapi masa depan, seperti banyak membaca buku dan memprakteknya.

Nyonya Sheila menyebutkan banyak hal yang bisa dilakukan anak muda untuk meningkatkan kapasitas diri. Membaca buku, lalu mempraktekan ilmunya. Membaca buku ikan lele, setelah membacanya lalu mempratekan ternak lele.

Ia menginginkan agar anak muda tak hanya menghabiskan banyak waktunya hanya dengan gedgetnya saja.

 “Mulai dari sekarang yang kita baca dan pelajari diamalkan, menerapkan ilmu yang kita baca,” ucapnya dihadapan warga Desa Srikaton.

Bunda Leterasi Nyonya Sheila Lanosin tampak juga berdialog dengan anak-anak  kampung leterasi. Sambil duduk bersimpuh berbicara dan menanyakan cita –cita anak yang hadir.

Setelah berdialog, sekitar pukul 16.00 WIB, Bunda Literasi OKU Timur meninggalkan kampung lieterasi. Bersama rombongan kembali menuju Puri Sebiduk Sehaluan merupakan rumah dinas Bupati OKU Timur di Martapura.

Apen saputra

Comment