OKU Timur Menjadi Contoh Agro Sulotion

Belitang660 Dilihat

SUMSEL.NEWS – OKU TImur – OKU Timur akan menjadi Agro Solusion Pertanian Program Kementerian Pertanian Republik Indonesia pertama di Provinsi Sumatra Selatan sebesar 245 hektar. Dimana saprodi akan di siapkan Melaului Keridit Usaha Rakyat oleh Bank Sumsel. Hal ini terungkap dalam Audensi Kepala Dinas Pertanian Provinsi, Tim Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertainian OKU Timur. Di Rumah Dinas Camat Belitang Rabu 24  Maret 2021.

 Bupati OKU Timur H Lanosin mengatakan, Agro Sulusin merupakan pertama di Sumsel dan ini merupakan tindak lanjut surat Pemerintah OKU Timur kepada Gubernur Sumatra Selatan.

 “Kedua Dinas Pertanian Provinsi meminta untuk data luas pertanian di Kabupaten OKU Timur. Kemudian juga membahas kerangka Sempel area untuk melakukan pembinan oleh PPL sebanyak 149 titik sempel,“ katanya.

Bupati juga, meminta untuk kelompok tani masuk dalam Simultan. Tujuannnya agar terpantau kelompok tani mana saja yang sudah masuk kedalam simultan tersebut. Disamping itu, di harapkan OKU Timur mandiri pengadaan benih untuk OKU Timur, OKU Selatan dan OKU. Lebih kurang saat ini di butuhkan bibit sebanyak 6000 ton.

“Saat ini untuk OKU Timur saja di butuhkan 4150 Ton. Sisanya dibutuhkan oleh Kabupaten OKU dan OKU Selatan, di harapkan adanya peran provinsi untuk permasalan pergudangan dan masalah lainnya” Ungkapnya

Bupati juga, menyampaikan diharapkan Pemerintah Pusat membantu alat oprasional untuk pertanian. Pemerintah juga akan penyiapkan benih yang akan di bagikan ke masyaryarakat.

“Direncanakan kedepan akan Panen raya yang di hadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr H Syahril Yasin Linpo SH. Di harapkan adanya kebijakan untuk penyerapan hasil panen untuk msayarakat OKU Timur,” ujarnya.

Bupati mengucapkan “Alhamdulila bahwa terkait surat Kepada Gubernur Sumsel mendapatkan respon positif dan juga pihak Kementrian Pertanian Republik Indonesia,” pungkasnya. REL

buat web

Komentar