by

Mayoritas BUMDes Di OKU Timur Belum Mandiri

Sumsel.news – OKU TIMUR – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mensejahterakan masyarakat desa dan menambah pendapatan asli desa. Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKU Timur Mayoritas BUMDes di Bumi Sebiduk Sehaluan mayoritas kategori berkembang.

Menurut Diajeng Martandi SIP selaku Kasi Usaha Ekonomi Desa Dinas PMD Kabupaten OKU Timur mengatakan, data terbaru Dinas PMD ada tiga kategori BUMDes di OKU Timur yaitu kategori berkembang, tumbuh dan maju. Kategori berkembang adalah kategori yang belum mandiri.

“Kategori berkembang mayoritas atau sebanyak 70 persen dari jumlah BUMDes, sedangkan kategori tumbuh dan maju sisanya,” Katanya, kepada Sumsel.news.

Di Kabupaten OKU Timur, pendirian BUMDes secara serentak dilakukan pada tahun 2017 lalu, pada tahun itu didirikan sebanyak 305 BUMDes sesuai jumlah desa.

“Penyertaan modal BUMDes di OKU Timur tahun 2017 semuanya tidak sama, jumlah modalnya tergantung dengan musdes didesa,” terangnya

Sedangkan untuk jumlah BUMDes di tahun 2020, pihaknya masih mengumpulkan data realnya, termasuk jumlah asetnya.

Untuk BUMDes yang kategori Maju yang telah berhasil menyumbangkan PADes, diantaranya Desa Sumber Agung Kecamatan Belitang Jaya dan Desa Darma Buana Kecamatan Belitang II dengan pariwisatanya.

“Harapannya BUMDes di OKU Timur, bisa lebih meningkatkan PAD, dengan jenis usaha diperbanyak dan jangan satu jenis aja” pintanya.(apen).

Baca Juga :   Bupati Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam

Comment

News Feed