KPPS Mayoritas Kaum Muda, Penyelenggara Semendawai Suku III Bekerja Kompak

OKU Timur394 Dilihat

Sumsel.news – OKU Timur – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan garda terdepan dalam menyukseskan pemilu, tentunya haruslah  dibekali tentang seluruh pengetahuan yang harus di lakukannya. Guna untuk menyukseskan prosesi pemilu pada tanggal 14 Febuari 2024 mendatang.

Demi kesuksesan pemilu nantinya, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur,  memberikan arahan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Semendawai Suku III sebagai penyelenggara ditingkat kecamatan untuk.  Untuk memberikan bimbingan teknis (BIMTEK) kepada KPPS di wilayah Kecamatan Semendawai Suku III.

Di Kecamatan Semendawai Sukun III, bimtek KPPS digelar di dua zona. Zona I di Gedung Serbaguna Desa Kerujon, dan zona II digelar di Desa Taraman Jaya. Dilaksanakan tanggal 26 sampai 29 Januari 2024.

Ada sebanyak 993 KPPS di Kecamatan Semendawai Suku III, dengan pembagian 2 zona.  Sebanyak 481 KPPS di Zona I, dan sebanyak 450 mengikuti Bimtek di Zona II. Materi Bimtek KPPSnyang diberikan, materi tentang mekanisme pemungutan, perhitungan, rekapitulasi pemungutan suara hingga penggunaan aplikasi sirekap.

Data dari PPK Kecamatan Semendawai Suku III, Pada tahun ini Dilihat dari segi umur mayoritas KPPS separuh lebih di dominasi oleh kaum muda. Kaum muda tentunya belum mengetahui apa saja yang menjadi tugas dari pada kpps. Tentunya Dengan adanya Bimtek ini, kaum muda yang biasannya hanya melihat,  tanpa tahu bagaimana kerja dari pada anggota Kpps. Kini mereka bisa merasa bagaimana menjadi seorang penyelenggara, yang akan bertanggung jawab untuk kesuksesan pemilu.

Duwi Febrianto Ketua PPK kecamatan Semendawai suku III, menyebutkan kegiatan Bimtek KPPS  sangat diperlukan dan menentukan dikarenakan akan menambah pengetahuan mereka tentang fungsi mereka sebagai penyelenggara.

Terlebih dalam pelaksanaan puncak pemungutan dan penghitungan suara yang merupakan rangkaian, dan akumulasi dari semua tahapan dan menentukan kualitas kinerja badan penyelenggara Pemilu secara keseluruhan.

“Kegiatan bimtek ini sangatlah diperlukan dan menentukan, dikarenakan nantinya dengan kegiatan ini menambah pengetahuan kpps tentang fungsi mereka sebagai penyelenggara. Terlebih Dalam perhitungan suara dan akumulasi dari semua tahapan dan menentukan kualitas kinerja dari penyelenggara pemilu,” sebut Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai Pendidik ini.

Ia juga berpesan, selain mengikuti Bimtek, KPPS dan seluruh penyelenggara Pemiu yang ada di Kecamatan Semendawai Suku III untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab dan lebih kompak.

 “Agar Seluruh Panitia Penyelenggara yang ada di kecamatan Semendawai Suku III bisa bekerja secara  Kompak Dan bersinergi bersama Untuk mensukseskan Pemilu 2024”.ucapnya.

Kegiatan bimtek KPPS dihadiri oleh Camat Semendawai Suku III, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas Semendawai suku III, Ketua dan Anggota PPK kecamatan Semendawai suku III, Ketua panwascam Semendawai Suku III, serta KPPS yang mengikuti bimtek yang didampingi oleh PPS desa.

Anton Sumarta

Komentar