Kadis Dinkes OKUT : Hari ini, Ningsih Dibawa Ke Palembang

Berita, Daerah, OKU Timur517 Dilihat

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Pemerintah OKU Timur merespon cepat adanya informasi Ningsih warga Desa Mendah, Kecamatan Jayapura menderita penyakit tumor konsidinya terbaring lemah.

Berdasarkan informasi dari Diskominfo OKU Timur, Pada Kamis sore (20/10/2020). Bupati OKU Timur H. Lanosin sedang agenda kunjungan di Kota Batam, sudah  memerintahkan langsung jajarannya untuk menindaklanjuti informasi yang beredar itu.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zaenal Abidin, melalui Diskominfo menyampaikan ningsih pada hari ini (Kamis, 20/10/2022). Pasien kembali dirujuk ke Palembang dengan difasilitasi mobil ambulan dari Pemkab OKU Timur.

“Pasien selama ini telah ditangani oleh dr. Fahrizal selaku fasyankes pilihan pasien,” Kata Zaenal, berdasarkan rilis disampaikanDiskominfo OKU timur.

Disebutkan Zaenal, Dinas Kesehatan OKU Timur telah melakukan tindakan berupa menurunkan tim sejak tadi malam (Rabu malam, 19/10/2022). Untuk melakukan tindakan yang berkaitan dengan penyakit pasien. Pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak BPJS untuk memindahkan BPJS pasien dari mandiri menjadi tanggungan Pemkab OKU Timur.

“Jadi ke depannya BPJS pasien itu yang menanggung pihak Pemkab OKU Timur” jelas Zaenal.

Kepala UPTD Puskesmas Jayapura Asmu’i,merinci ningsih pada tahun 2021 lalu, pernah dirujuk ke RSUP Dr. Moh. Hoesin di Palembang. Namun karena rujukan (Kapasitas pasien sudah melebihi batas maksimal) Rumah sakit penuh, maka pasien dialihkan rawat jalan. Setelah rawat jalan selama hampir setahun, pasien hanya berobat alternative dan fasyankes setempat sesuai dengan BPJS (dr. Fahrizal).

“Keluarga pasien sempat menghubungi saya untuk mendapatkan rujukan ke RS Charitas, dan saya menyarankan pasien di bawa dulu ke puskesmas agar bisa diperiksa oleh dokter, nanti dokter yang akan merujuknya secara online melalui picare sesuai fasyankes yang tertera di kartu. Pada tanggal 17 Oktober 2022 pasien mendapat rujukan ke RS Charitas Belitang” jelas Asmu’i.

Ril/apen

Komentar