Kades Harus Mampu Membangunan Mental Spiritual

Daerah, Ekonomi, OKU Timur611 Dilihat

“Saya ucapkan selamat semoga dapat menjalankan tugas-tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu amanah ini, semoga dapat dijalankan sebaik-aiknya,” Kata Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten OKU Timur, Drs KH Muhammad Syahri,  atas dilantiknya 210 Kepala Desa Terpilih di Bumi Sebiduk Sehaluan oleh Bupati H Lanosin.  Ditujuh Zona.

Dimana, pada pelantikan kades terpilih serentak ditujuh zona itu. Tepat pada hari pelantikan Zona I danZona II, Pada Senin (7/6/2021). Merupakan tepat di seratus hari kerja pertama sebagai Bupati OKU Timur H Lanosin dan Wakil Bupati HM Adi Purnama Yudha. Bupati Lanosin menganggapnya sebagai kado di seratus hari kerjanya.

“Harapan kami sebagai warga OKU Timur, karena terlihat bahwa para kades terpilih dan yang baru saja dilantik terlihat masih muda-muda, dan masih enerjik. Maka kami sangat menggantungkan berharap dapat bersama –sama dengan warga masyarakat membangun desa,” harap Ketua Nahdlatul Ulama OKU Timur ini.

“Dan seiring sejalan dengan derap langkah bupati kita yang baru. Sehingga adanya sinergi antara pembangunan pemerintah daerah (Kabupaten) sampai kepada pemerintahan desa,” sarannya.

Jadi pembangunan seutuhnya. Bukan hanya pembangunan fisik saja, tetapi juga pembangunan non fisik juga. Yakni pembangunan mental spiritual juga sangat penting.

Dimana dalam desa terdapat masyarakat, merupakan bagian yang juga perlu mendapatkan diperhatikan dalam pembangunan desa. Terutama para generasi muda, sebab merekalah kelak diharapkan meneruskan estapet laju pembangunan desa dan daerah kedepanya.

“Kami sangat berharap pemerintahan desa atau kades yang baru dilantik. Dapat bersinergi dengan berbagai pihak terutama Bupati OKU Timur yang juga sama-sama masih baru. Sehingga visi dan misi bupati juga sampai kedesa kita masing-masing. Mudah-mudahan desa akan seiring sejalan dan maju searah dengan arah pembanguan daerah kita,” ucapnya.

Ia mendoakan, Mudah – mudahan Allah Swt selalu memberikan  bimbingan kepada kita semua dalam menjalankan amanah. Khusunya para kades melaksanakan tugas berjalan baik dan sempurna. Sehingga terwujudnya masyarakat adil makmur sejahtera dan OKU Timur maju lebih mulia.

Sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama OKU Timur juga menitip pesan kepada para kades yang baru saja dilantik. Bahwa Bupati OKU Timur mempunyai visi OKU Timur maju lebih mulia, beliau pernah sampaikan. Bahwa mulia diantaranya dalam rangka pembangunan mental spiritual masyarakat OKU  Timur.

“Maka sebagai pengurus Nahdlatul Ulama, saya sangat berharap dan berpesan kepada para kades, karena kades adalah amir atau sebagai pemimpin didesa. Oleh karena itu agar kiranya apapun agamanya.  Kami berpesan, agar dapat menjadi pemimpin  yang mampu memberikan teladan dan contoh yang baik kepada warganya. Karena kita, dihadapkan tantangan – tantangan yang sangat besar dan luar biasa. Terutama tantangan untuk pembangunan akhlak dan moral generasi muda serta generasi bangsa,” jelasnya.

Salah satu bentuk pembangunan moral dimasyarakat itu. Adanya contoh teladan yang baik yang diberikan oleh pemimpin-pemimpin, oleh orang tua, guru-guru, dan tokoh-tokoh yang akan dipandang sebagai cermin generasi muda.

Ia juga berpesan, kades harus mampu memberikan teladan yang baik, prilaku yang baik dalam kehidupan apapun. Jangan sampai seorang kades tidak memberikan teladan dan contoh yang baik kepada warga masyarakatnya.

“Terutama pembangunan spiritual, pembangunan agama, pembangunan moral dan pembangunan akhlah, saya titip pesan ini agar dijaga dengan baik,” pungkasnya.(apen)

Komentar