by

Irigasi Komering Dikeringkan 15 Hari

-OKU Timur-118 views

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Saluran irigasi Komering bakal dilakukan penutupan sepenuhnya, pengeringan dilakukan selama 15 hari untuk pengecekan jaringan irigasi. Sehingga petani diharapkan dapat mengatur jadwal tanam padi.

Menurut Kepala Administrasi OPSDA II Bendung Perjaya Gede Suarsane, mengatakan pihaknya telah menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh petani ataupun kelompok tani yang bakal terdampak rencana pengeringan saluran irigasi Komering.

“Rencananya pengeringan dilakukan mulai besok tanggal satu September 2021 selama 15 hari,” katanya, kepada SUMSEL.NEWS, Selasa pagi (31/08/2021).

Disebutkan, pengeringan dilakukan untuk melihat kondisi jaringan irigasi, pembersihan sampah, serta perbaikan-perbaikan kecil. Sementara itu, untuk perbaikan skala besar terhadap fisik bangunan yang dirasa cukup parah akan diajukan ke pihak balai besar wilayah sungai Sumatera VIII.

“Kerusakan-kerusakan kecil dapat kami tanggulangi. Tapi untuk kerusakan parah bukan kewenangan kami, dan  (kerusakan) itu akan kami usulkan ke balai besar,” sebutnya.

Gede Suarsane mengharapkan, para petani yang sudah mulai tanam, dan mengandalkan saluran irigasi Komering, untuk bersabar selama waktu pengeringan.

“Surat edaran mengenai pengeringan (irigasi Komering) ini sudah kami sampaikan kepada para petani,” harapnya.

Dengan pengeringan itu, member kesempatan bagi kelompok tani dan P3A untuk menyusuri saluran dan melakukanaksi bersih saluran karena saat pengeringan ini lebih mudah dilakukan. Apen Saputra

Baca Juga :   Sore Ini, Laga Persahabatan Martapura FC Bareng SSB Belga di Lapangan Sidomakmur

Comment

News Feed