Guru SMK Muhammadiyah Belitang Juara Festival Vokasi Satu Hati, Kalahkan Ribuan Peserta

Nasional, Pendidikan1253 Dilihat

SUMSEL.NEWS – OKU Timur – PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan para pemenang yang meng ikuti babak final kompetisi Festival Vokasi Satu Hati (FVSH). Diumumkan pada hari Selasa, 27 Juni 2023 di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Awalnya kompetisi ini diikuti 21.330 siswa, 1.875 guru, dan 711 SMK peserta lalu disaring hingga akhirnya sampai di penghujung kompetisi.

Di FVSH 2023, peserta kategori siswa disyaratkan minimal kelas XI. Sementara peserta tenaga ajar diharuskan sudah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor.

Beragam ujian dilalui para peserta mulai dari perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan bahan uji materi sesuai kurikulum yang diterapkan. Sedangkan untuk para guru juga akan diuji kompetensi teknik mengajar.

Dari ribuan peserta yang mendaftar, terpilih 40 siswa dan 27 guru terbaik untuk menghadapi seleksi tingkat nasional yang berlangsung pada 24-25 Juni 2023. AHM memberikan apresiasi kepada para peserta yang berhasil mendapatkan nilai terbaik pada setiap kategori, termasuk SMK dan Main Dealer dengan kinerja terbaik dalam kontribusi memajukan pendidikan vokasi.

Di kategori guru, jawara tahun ini terpilih Bayu Ari Widiyanto dari SMK PGRI 2 Ponorogo. Juara kedua diraih oleh Abdurrahman dari SMK Negeri 2 Amuntai, dan Juara ketiga yakni Dwi Haryanto dari SMK Muhammadiyah Belitang.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan FVSH 2023 diselenggarakan untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam Sustainability Development Goals (SDG) bidang pengembangan sumber daya manusia.

Melalui kompetisi ini, AHM berharap dapat meningkatkan kompetensi sekaligus mengalibrasi pengetahuan siswa dan guru merujuk kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda.

Dwi Haryanto Guru SMK Muhammadiyah Belitang yang berhasil menjadi juara ketiga dalam Festival  Vokasi Satu Hati, menyebutkan bahwa dapat mengikuti Ajang Festival Satu Hati 2023, di kategori Technical Skill Contest Guru, merupakan suatu kebanggaan. Dan tentunya tidak mudah untuk meraih juara 3 Nasional ini, karena tentunya semua perlu persiapan yang cukup matang.

 “Alhamdulillah ditahun ini dapat berprestasi dan tentunya membawa nama Astra Sumatera Selatan dan Khususnya SMK Muhammadiyah Belitang,” sebutnya, kepada Sumsel.news.

Kepala SMK Muhammadiyah Belitang Dra. Puspita Ratna , mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih sekolahnya. Berharap kompetensi guru dan siswa selalu meningkat, dan prestasi di ajang Nasioanal ini. Prestasi ini merupakan bukti bahwa SMK Muhammadiyah Belitang sebagai SMK Mitra Binaan AHM, dan Main Dealer Astra Motor Sumatera Selatan telah meberikan pendidikan sesuai kebutuhan mitranya.

“Merupakan SMK yang Unggul dan benar – benar menerapkan program Link And Match dengan Iduka, dan semua ini adalah berkah dari Allah SWT,” Pungkas Dra. Puspita Ratna.

Tri Iwantoro selaku pembimbing dari Main Dealer Astra Motor Sumatera Selatan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh perwakilan Guru tahun ini. Harapan kami dari MD Agar pada event yang akan datang baik Guru Maupun Siswa Dari Seluruh SMK Mitra Binaan selalu meningkatkan Kualitasnya dan bisa  berprestasinya ditingkat Nasional.

“Kami ucapkan selamat untuk SMK Muhammadiyah Belitang, semoga kedepanya dapat terus meningkatkan kualitasnya, dan lebih banyak lagi prestasi yang diraih,” Ucap Tri Iwantoro.

Rel/anton

Komentar