by

Gerakan Moral dan Dialogis, Ketua KNPI : Kegiatan Kita Tidak Ada yang Menunggangi

SUMSEL.NEWS – OKU Timur – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Ke – 48 tahun, Dewan Pengurus Daerah KNPI Kabupaten OKU Timur mengunjungi Kantor Bupati dan Kantor DPRD OKU Timur, untuk melakukan gerakan moral dan dialogis. Kamis (22/7/2021), saat tiba di Kantor Bupati diterima oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa Politik, dan di Kantor DPRD diterima Sekretaris DPRD OKU Timur Khasmir Syamsudin.

Sebagaimana rilis yang disampaikan Ketua KNPI OKU Timur Oki Endrata Wijaya, berikut enam poin terdiri dari pertanyaan, permintaan, dukungan, rekomendasi yang ditujukan kepada Pemerintah dan DPRD Kabupaten OKU Timur.

Pertama mempertanyakan sikap dan keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang kepemudaan, sebab didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tidak membahas point-point tentang Kepemudaan.

Kedua meminta kepada Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk transparansi anggaran dan melakukan langkah kongkrit dalam penanganan Pandemi Covid 19.

Ketiga mendukung langkah POLRI dan Kejaksaan di Kabupaten OKU Timur dalam rangka mewujudkan ketertiban masyarakat dan penegakan hukum, khususnya segala bentuk penyalahgunaan Narkoba, dan tindakan Korupsi, Kolusi, Nepotisme dan segala bentuk penyalahgunaan jabatan dan kejahatan lainnya.

Kempat merekomendasikan Peraturan Daerah (PERDA) tentang kepemudaan, (sebagaimana surat terlampir dan dasar Perda Provinsi Sumsel nmor 29 tahun 2014 tentang Kepemudaan).

Kelima meminta kepada Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk melakukan Lelang atau Seleksi Jabatan Calon-calon Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab OKU Timur, untuk mewujudkan Pemerintahan yang  bersih, Profesional dan transparan.

Keenam meminta kepada Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk mewujudkan janji-janji Politik dalam Pilkada 2020, khususnya yang disebut Kabupaten OKU Timur yang Maju Lebih Mulia, bukan Multi Level Marketing.

Demikian pernyataan sikap ini dibuat sebagai amanat Pemuda dan harapan masyarakat  Kabupaten OKU Timur, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Hormat kami, DPD KNPI Kabupaten OKU Timur.

“Ini gerakan moral, aksi dialogis atau bahasanya betamu rame – rame kang, karena kalau demo pakai mikrofon dan TOA,” Ujar Oki menjelaskan kegiatan yang dilakukan bersama dengan para pengurus DPD KNPI OKU Timur, Kamis (23/7/2021)

Pemuda yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum HMI Baturaja dan Presiden BEM Universitas Baruraja ini, menjelaskan untuk poin pertama yang dinginkan KNPI alasan yang jelas mengapa tidak adanya rencana dibidang kepemudaan saat pembahasan RPJM oleh Pemkab OKU Timur.

“Mempertanyakan apa alasan tidak adanya pembangunan SDM di RPJM tentang kepemuda, padahal kepemudaan penting, jangan terkesan tak diperhatikan, banyak organisasi kepemudaan (OKP), kami berharap ada sentuhan dari Pemkab, seperti fasilitas tentang pemudaan, disisi anggaran tidak sentuhan, tidak ada hibah untuk OKP, mereka (OKP) banyak curhat ke KNPI,” Sebutnya.

Pemuda yang meraih gelar megister teknik di Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Universitas Lampung ini, berharap pemkab bisa memberikan perhatian dan keseriusan dalam pembangunan SDM dalam hal kepemudaan.

“Perhatian dan keseriusan, sudah tiga bulan menunggu pingin ketemu bupati, tapi tidak ketemu, kita ini berharap OKU Timur yang lebih baik,” jelasnya.

Pria saat ini tercatat sebagai dosen tetap di Fakultas Teknik Universitas Baturaja ini, mempertanyakan atau Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah memiliki program sendiri mengenai kepemudaan, kalau memang ada diminta untuk disampaikan kepada pemuda.

“Ataukah Pak Bupati punya program tentang kepemudaan, atau pelatihan skil atau segala macam. Harus ada sentuhan positif dan ada perhatian dari pemkab, pemuda punya hak mengisi kemerdekan,” katanya.

Sementara terkait isi poin nomor dua tentang transparansi anggaran, Bung Oki merinci penggunaan anggaran penanganan Covid-19, meminta pemerintah harus merealisasikan sesuai pagu anggaran yang telah ditetapkan. Jangan terkesan tak bisa menjelaskan penggunaannya.

“Sejauh ini, ada isu berkembang dan melalui media online bahwa dana berapa miliar itu, apakah dana itu hanya untuk sosialisasi prokes yang dilakukan oleh Pol PP dan Damkar saja, atau adakah dana santunan untuk mereka yang terdampak pandemik, seperti para warga melakukan isolasi mandiri adakan yang disubsidi pemerintah, termasuk adakah pagu anggaranhya, kalau ada pagunya ya alokasikan dan jangan ditahan,” rincinya

Ia menjelaskan,  kegiatan gerakan moral yang dilakukan pengurus KNPI OKU Timur  merupakan murni gerakan moral dan dialogis. “Kegiatan kita tidak ada yang mendalangi, tidak ada pihak-pihak yang menunggangi ini merupakan gerakan murni pemuda menyampaikan informasi,” jelasnya. apen

Comment