by

Embung Puri Idaman Desa Wisata Purwosari

-OKU Timur-106 Views

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Embung Puri Idaman terletak di Desa Purwosari Kecamatan belitang II Kabupaten OKU Timur. Keberadaannya membuat Desa Purwosari menjadi satu-satunya desa wisata di Kabupaten OKU Timur. Dinobatkan sebagai tempat wisata terbaik ke delapan di Provinsi Sumsel. Serta masuk 400 besar desa wisata terbaik dari 4 ribu nominasi oleh Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif.

Letak desa Purwosari jaraknya 66,5 Km atau 1 jam 34 menit dari Ibu Kota Kabupaten Martapura. Sekitar 15,2 Km atau waktu tempuh 38 menit dari Desa Sumber jaya Ibu Kota Kecamatan Belitang II.

Bagi anda yang ingin berkunjung di Desa Wisata Purwosari menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Terdapat dua alternatif jalan menuju Desa Wisata Purwosari. Pertama masuk melalui gerbang dari Desa Sribantolo dan kedua melalui Desa Nusa Agung Kecamatan Belitang III.

Kedua jalan masuk menuju Desa Wisata Purwosari sudah cor beton. Kanan kiri jalan sama yaitu perkebunan karet  milik warga. Sedikit membedakan bila melalui Desa Sribantolo sebelum tiba di perkampungan warga. Akan disambut gerbang selamat datang dan disisi kanan terdapat lapangan sepakbola, kadang kala dijadikan tempat mengembala sapi.

Desa Wisata Purwosari termasuk berada didataran tinggi, sehingga disana mayoritas perkebunan karet. Tak ada lahan persawahan. Embung Puri Idaman sepertinya terbentuk dari rawa yang dalam yang dibendung. Ketika hujan turun terpenuhi oleh air. Embung Puri Idaman hawangya sejuk dan tampak asri.

Desa Wisata Purwosari terbentuk pada tahun 1965, Saat itu Republik Indonesia dipimpin oleh Presiden Ir Soekarno. Warga Desa Purwosari mengikuti transmigrasi ke tempat ini masih dizaman Presiden Soekarno. Merekan didatangkan dari Jawa Tengah, Jogja dan Jawa Timur. Hingga saat ini masih terdapat dua orang yang masih hidup mereka yang ikut tranmigrasi.

Di tahun 2022, terdapat 62 kepala keluarga atau sekitar 250 Jiwa yang menempati Desa Wisata Purwosari. Terbagi dalam dua dusun dan beberapa rukun tetangga.

Sebenarnya pembangunan embung puri idaman suah dimulai sebelum pandemic covid-19. Pembangunanya dengan dana desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hingga saat ini pembangunannya sudah menelan anggaran sekitar Rp 1 Milair lebih. Saat ini dipimpin oleh Muhammad Taufik Kepala Desa Purwosari yang memilik visi misi memajukan Desa Purwosari

Berbagai permainan yang disediakan oleh pengelola. Seperti, kolam renang dewasa dan anak-anak, speed boat, sepeda air bebek, tempat berfoto dan kuliner.

Dibuka untuk umum oleh pemerintah Desa Purwosari pada tanggal 1 Januari 2022 atau tahun baru kemarin. Pembukaan akibat banyaknya masyarakat yang ingin berkunjung. Peresmian Desa Purwosari dengan embung puri idaman sebagai desa wisata dilakukan pada tanggal 1 Maret 2022, oleh Bupati OKU Timur H Lanosin ST.

Sementara untuk pengunjung yang berekreasi, berdasarkan catatan pihak pengelola setiap bulan menunjukan tren piningkatan. Paling tinggi pada bulan januari saat tahun baru lalu, dan hari libur. Dalam satu bulan tak kurang 100 pengunjung yang datang.

Pengelola akan terus berusaha melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas secara bertahap. Sehingga bila pengunjung datang dapat terpuskan. Nah bagi saudara yang belum pernah datang kelokasi wisata baru di Kabupaten OKU Timur ini. Ayo segera datang berkunjung jangan sampai anda ketinggal.

Apen Saputra

Comment