by

Calon Kantor UPT Dukcapil Belitang Sudah Siap, Tiga Kali Dicek Tim Disdukcapil

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Kelanjutan persiapan mewujudkan program seratus hari kerja Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur H Lanosin – Yudha. Disdukcapil OKU Timur menyatakan siap mewujudkan minimal Kantor UPT Dukcapil Belitang, berikan pelayanan saat seratus hari kerja.

Pada Jumat (12/3/20021), Pihak Kecamatan Belitang telah siapkan lokasi kantornya. Yaitu berada dibagian depan Kantor Kecamatan Belitang, selama ini digunakan sebagai tempat pelayanan perekaman E-KTP.

Menurut Kasi Pemerintahan Kecamatan Belitang, Emi Hayati SE, kepada SUMSEL.NEWS, mengatakan, untuk gedung yang rencananya digunakan sebagai lokasi UPT Dukcapil Belitang sudah pihaknya siapkan. Kantor terdiri satu ruangan pelayanan, satu toilet dan satu kamar kecil untuk istirahat, serta lebar gedung sekitar Lima Meter.

“Kalau tempat sudah siap, untuk lainnya seperti pegawai, pelayanan apa saja dan kapan mulai buka belum ada surat resminya,” Katanyi.

Dia ungkapkan, lokasi kantor UPT Dukcapil Belitang, sudah sebanyak tiga kali di datangi dan dilakukan pengecekan oleh Disdukcapil OKU Timur. Untuk melakukan penyambungan internet dengan Telkom.

“Pihak Disdukcapil OKU Timur sudah tiga kali melakukan pengecekan ruangan calon UPT Dukcapil Belitang, terakhir kemarin Selasa (9/3/2021),” jelasnyi.

Ditambahkan, Selama ini, mesin perekaman E-KTP milik Kecamatan Belitang mengalami kerusakan, apakah saat ini sudah kondisinya sudah baik setelah tiga kali pengecekan oleh Disdukcapil OKU Timur.

Dirinya belum bisa memastikan mengenai apakah mesin perekaman sudah baik, dan termasuk apasaja pelayanan UPT Dukcapil Belitang, Selama ini kecamatan hanya melayani perekaman dan kedepannya bisa juga mencetak E-KTP.

“Jadi Kalau dulu hanya untuk melakukan foto perekaman saja, kalau kedepan belum tahu,”  terangnyi.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil OKU Timur Mursyal, mengatakan, dari segi peralatan perekaman pihaknya masih mengusahakan perbaikan alat perekaman yang kondisinya masih rusak dan sedang tahap perbaikan.

Nantinya UPT Dukcapil Belitang dalam kegiatan pelayananya sama dengan Disdukcapil OKU Timur. Karena persiapan calon Kantor UPT Dukcapil yang sedang berjalan, Kebututahan pegawai untuk mengisi UPT Dukcapil sedang diajukan ke BPSDM OKU Timur dan sedang mengupayakan perbaikan alat perekaman.

Disdukcapil OKU Timur, berupaya sesegera mungkin merealisasikan UPT Dukcapil Belitang dan berjanji saat 100 hari kerja H Lanosin – Yudha.

“Sudah beroperasi memberikan pelayanan data kependudukan dan catatan sipil seperti perekaman E-KTP, pembuatan E-KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran. Minta tolong doanya agar cepat terealisasi,” jelasnya. (apen).

Comment