by

Bustanil Arifin Pendaftar Pertama Calon Kepala Desa Petanggan

Sumsel.news – OKU Timur –  Secara resmi pendaftaran Calon Kepala Desa Petanggan sudah resmi dibuka oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkases) pada Selasa 19 Januari 2021, namun baru Bustanil Arifin yang resmi telah mendaftrakan diri sebagai bakal calon kepala Desa Petanggan priode 2021-2026. Hal tersebut diungkapkan  Mulian selaku Ketua Panitia Pilkades Petanggan, Kecamatan Belitang Mulya, Rabu (20/1/2021).

Menurut Mulian selaku Ketua Pilkades Petanggan mengatakan, untuk panitia pilkades Desa Petanggan, sudah dibuka dan baru satu calon yang resmi mendaftarkan diri kepada panitia pilkades.

“Pendaftar pertama atasnama Bapak Bustanil Arifin, datang sendiri dan menyampaikan  berkas syarat-syarat,  Sekitar Pukul 10.30 WIB, pagi tadi tempat pendaftara di seketariat Pilkades, terletak di Kantor Kepala Desa Petanggan. Alhamduliah persyaratannya sudah lengkap.” Ucapnya, kepada Sumsel.news.

Dikatakan, berdasarkan pengumuman pendaftaran Calon Kepala Desa Petangggan, yang dibuat panitia Pilkades nomor : 02/PKD/01/2021, ada 16 persyaratan umum calon kepala desa, dan persyaratan khusus calon kepala desa yaitu, pendidikan bakal calon kepala desa paling rendah berijazah atau memiliki surat tanda tamat belajar sekolah menengah atas atau sederajat, serta 19 persyaratan adminitrasi calon kepala desa, harus dipenuhi seluruhnya.

“Semua berkas dibuat enam rangkap, saru bendel asli dan lima bandel foto copi, masing-masing bendel berisi pernyataan yang ada dan diurutkan sesuai pengumuman, dimasukkan dalam amplop kertas sebanyak enam map” jelas pria yang hobi memakai topi ini.

Semua persyaratan harus lengkap, apabila tidak lengkap maka dinyatakan gugur di persyaratan, dalam arti dinyatakan gugur apabila sampai batas waktu pendaftaran calon tidak bisa melengkapi.

Untuk pendaftara bakal Calon Kepala Desa Priode 2021-2026, Jadwal  pendaftaran Pilkades diselenggarakan dalam tiga tahap. Pendaftara tahap pertama  mulaia tanggal 19 sampai 28 Januari, tahap kedua tanggal 29 Januari sampai 2 Febuari, dan tahap III tanggal 3 sampai tanggal 7 Febuari 2021.

“Ada catatan, Apabila penjaringan bakal calon kepala desa atau pendaftara tahap satu telah terdaftar dua orang bakal calon kepala desa yang memenuhi sesuai dengan peraturan bupati, maka panitia pilkadesa menutup penjaring atau pendaftran.” terangnya

Formulir berkas calon, ditanggung panitia, jadi biaya pendaftaraa ada.”Tapi untuk RAB belum ada ketentuan,” pungkasnya.(apen)

Comment