by

Bupati OKU Timur dan Ketua KORMI Sumsel Diarak Naik Jempana

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Bupati OKU Timur H Lanosin bersama Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Provinsi Sumsel Hj Samantha Tivani HD, B Bus M IB diarak menggunakan Jempana adat komering.

Keduanya duduk di atas jempana mulai dari kantor halaman bupati menuju Balai Rakyat, berjarak sekitar 100 meter.

Arak-arakan tersebut dalam rangkaian pelantikan Pengurus Kormi OKU Timur yang diketuai oleh Dwi Seva Prasetio S Pd bertempat di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Rabu (9/2/2022).

Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani Deru yang sering disapa Sasha mengatakan, Kormi adalah mitra pemerintah, tentunya peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam olahraga masyarakat ini.

Dalam kepengurusan di Provinsi Sumsel, sambung dia, pihaknya bergerak selaras dengan pemerintah.

“Kormi bertugas untuk memasyarakatkan kembali olahraga dan permainan tradisional. Saat ini anak-anak hanya bermain yang digital. anak-anak sudah jarang bermain gerobak sodok dan enggrang,” ujar Sasha dalam sambutanya, Rabu (9/2/2022).

Menurutnya, Keberhasilan Kormi tidak bisa dilakukan dengan sendiri, karena Kormi adalah organisasi bersama.

Terlebih lagi pada bulan Juni mendatang, akan dilaksanakan Festival Olahraga Rekreasi (Fornas) di Palembang.

“Saya mohon bantuan masyarakat dan Pemerintah OKU Timur untuk bersama-sama mensukseskan,” ucapnya.

Selanjutnya, Bupati OKU Timur Lanosin (Enos) mengatakan, Kormi menaungi bidang-bidang olahraga yang ada di dalam budaya.

“Saya ingin menciptakan suatu olahraga hingga menjadi budaya, kalau kita berolahraga dan menanamkan mindset pada maayarakat bahwa olahraga adalah budaya. Artinya masyarakat akan sehat dan unggul, kalau unggul pasti OKU Timur makmur,” kata Enos.

Ia menambahkan, untuk persiapan agenda Fornas mendatang, Kormi harus benar-benar menyiapkan siapa saja yang akan dikirim ke acara nasional tersebut.

“Apa yang kita kirim juga dapat mengenalkan pada masyarakat nasioanl bahwa OKU Timur itu ada dan masyarakatnya saya ingin berprestasi,” tutupnya.(apen/ril)

Comment