by

BPP Purwodadi Minta Melakukan Pengamatan Sejak Dini Terhadap Serangan Wereng Coklat

Sumsel.news – Belitang – BPP Purwodadi melaui Team POPT (Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman) Kecamatan Belitang Mulya adakan kegiatan pengamatan wereng coklat, hasilnya belum ada serangan wereng coklat tetapi sudah ditemukan wereng dewasa. Meskipun demikian meminta para petani jangan terlena dan harus rutin melakukan pengamatan tanaman padinya.

“Kami telah turun dan melakukan pengamatan secara teliti di Kecamatan Belitang mulya, Belum ada serangan wereng tetapi sudah ada wereng dewasa yg ada di sekitar sawah,” Kata Koordinator BPP Purwodadi Eko Suparyanto SP, kepada Sumsel.news, Selasa (26/1/2021).

Menurutnya, Pengamatan tanaman sangat perlu dilakukan sebagai antisipasi serangan hama wereng coklat, sebab apabila wereng coklat berkembang akan berdampak tanaman padi gagal panen. Terkait hal tersebut, BPP purwodadi memberikan kiat dalam antisipasi dini.

“Pertama petani harus melakukan pengamatan dini tanaman padinya jangan sampai kecolongan. Kedua bila ada serangan, kendalikan dengan racun organik yang ramah lingkungan sesuai dengan anjuran biar tidak terjadi kekebalan terhadap wereng tersebut,” jelas Alumni Fakultas Pertanian Universitas Lampung ini.

Untuk saat ini, tanaman padi di Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur, tanaman padi berumur antara 50 hari sampai 60 hari. “Perki bulan dua akhir panen rata-rata,” pungkasnya.apen