by

Belajar Bengkel di BK 9 Belitang

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Selama satu minggu ini, saya belajar bengkel di BK 9, tepat ya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Belitang depan rumah Pak Herman Deru (Rumah Almarhum H Hamzah ayah Herman Deru Gubernur Sumsel). Setiap hari, saya berangkat belajar Pukul 07.00 WIB  sampai Pukul 04.30 WIB.

 Hari pertama   belajar  disana, saya diajarkan cara yang benar membongkar bodi motor, karena tidak boleh  sembarangan  membokar bodi ,harus dengan hati hati agar tidak terjadi kerusakan, dan pelesan bautnya harus dengan benar  sehingga tidak membuat baut rusak.

setelah saya bisa menguasai bongkar pasang bodi motor, diajarkan pula mengganti rantai, menampal ban, dan mengganti oli, memang kelihatan sangat mudah kalau hanya melihat. Tetapi, jika peraktek dilapangan tidak segampang yang kita lihat. Melakukan hal tersebut,  kalau hanya semaunya belajar sendiri tidak akan bisa, karena  semuanya memiliki teknik tersendiri.

Setelah beberapa hari disana, saya diberi pelajaran praktek  untuk belajar bubut  (ngelemer). Melemer adalah penghalusan kembali lubang blok yang akan tempat pembakaran mesin nantinya. Seperti itulah kegiatan sehari hari saya .

Pada hari Jumat Bengkel tutup, karena pemilik bengkel ingin melaksanakan jumatan. Tak mudah menjadi seorang mekanik yang handal, tapi kalau  ada kemauan pasti  bisa .

1 Maret 2021

Oleh Anton Sumarta Siswa SMK Muhammadiyah Belitang

Comment