by

Bawaslu Kabupaten Tangerang Gelar Pelatihan Menulis Berita

-Nasional-31 views

SUMSEL.NEWS – OKU TIMUR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tangerang melalui Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi menggelar pelatihan menulis berita secara virtual via zoom pada Senin (30/8/2021).

Pada kegiatan tersebut, Zulpikar Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Tangerang sekaligus pengantar diskusi menyampaikan bahwa pelatihan menulis berita ini bertujuan agar semua staff Bawaslu Kabupaten Tangerang bisa membuat berita sesuai dengan kaidah jurnalistik.

“Kegiatan ini dilakukan agar semua staff Bawaslu Kabupaten Tangerang bisa menulis berita sesuai dengan kaidah Jurnalistik” Ujarnya.

Zulpikar juga menambahkan bahwa Bawaslu sebagai lembaga publik harus menyebarkan kegiatan-kegiatan ke publik melalui media internal Bawaslu.

Selain itu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tangerang Ios Sopandi mengapresiasi kegiatan pelatihan menulis berita yang diselenggarakan oleh Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Tangerang ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena staff Bawaslu Kabupaten Tangerang harus bisa menulis. Dan dalam dua hari ini Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi juga dapat meningkatkan secara drastis suscriber Youtube Channel Bawaslu Kabupaten Tangerang dari 109 menjadi 380. kita jadikan motivasi agar dapat meningkatkan kinerja”. Ujarnya.

Ade Firdiansyah selaku narasumber dalam menyampaikan materi menjelaskan dalam pembuatan berita itu minimal terpenuhnya 5W + 1H. dan dalam menyusun berita ada istilah Piramida terbalik menjelaskan dari umum ke khusus.

“Dalam penulisan berita ada istilahnya piramida terbalik dan unsur 5W + 1H. Berita juga butuh verifikasi, sesuai dengan fakta, tidak boleh ada Hoaxs”. Ujarnya.

Ia juga mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan Pelatihan menulis berita. Menurutnya kemajuan teknologi harus dimanfaatkan oleh siapapun khususnya Bawaslu Kabupaten Tangerang.

Baca Juga :   Ini Profil KSAD Jenderal Andika Perkasa

Pelatihan menulis berita ini selain diikuti oleh Staf Bawaslu Kab.Tangerang juga diikuti oleh Pemred Sumsel News, Akademisi, Aktvis pemuda dan mahasiswa Kabupaten Tangerang, Bawaslu Kota Tangerang, Bawaslu Depok, Bawaslu Lampung Tengah, Bawaslu Tabalong Kalimantan Selatan.

Pada akhir acara tersebut Koordinator Divisi Humas Hukum data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Tangerang, Zulpikar memberikan kenang-kenangan berupa buku karangannya berjudul Bawaslu dan Pemilu Demokratis kepada salah satu peserta yang memberikan pertanyaan terbaik di acara tersebut, yaitu dari Bawaslu Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan atas nama Saudara Mahdan. (Humas Bawaslu Kab. Tanggerang)

Comment

News Feed