Aplikasi Ini Bikin Guru Candu Lakukan Assessment FORMATIF, Guru Wajib Tahu

Berita, Opini, Pendidikan3278 Dilihat

Oleh Hoiriah Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sriwijaya

DALAM era digital yang semakin maju, teknologi telah memainkan peran penting dalam pendidikan. Aplikasi pendidikan seperti Kahoot, Quizizz, Wordwall, Educandy, dan Google Form telah menjadi pilihan populer untuk melakukan asesmen formatif di kelas. Aplikasi-aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang membuat guru candu untuk menggunakannya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Pertama-tama, Kahoot dan Quizizz adalah aplikasi yang sangat interaktif dan dapat diakses melalui perangkat seluler. Dalam kelas, guru dapat membuat pertanyaan dan siswa dapat menjawabnya dengan menggunakan perangkat seluler mereka. Jawaban dari setiap siswa akan ditampilkan pada layar sehingga semua siswa dapat melihat dan membandingkan hasil mereka dengan teman-teman sekelas mereka.

Selain itu, kedua aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur seperti papan skor dan leaderboard, yang memotivasi siswa untuk berpartisipasi dan bersaing untuk mendapatkan nilai yang lebih
Selanjutnya, Wordwall dan Educandy adalah aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat berbagai macam permainan edukatif seperti teka-teki kata, kata bergambar, dan memori. Aplikasi ini menawarkan variasi aktivitas yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Misalnya, guru dapat membuat permainan kata bergambar yang dapat membantu siswa memperluas kosa kata mereka dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar.

Terakhir, Google Form adalah aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat kuis dan survei dengan mudah. Guru dapat menggunakannya untuk memeriksa pemahaman siswa setelah pembelajaran atau untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa tentang pengajaran atau kegiatan di kelas. Google Form juga menyediakan berbagai jenis pertanyaan seperti pertanyaan pilihan ganda, isian singkat, dan jawaban singkat, yang memungkinkan guru untuk menciptakan kuis dan survei yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Secara keseluruhan, aplikasi-aplikasi ini memberikan berbagai macam fitur yang berguna dalam melaksanakan asesmen formatif di kelas. Mereka membuat pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, dan bervariasi. Hal ini dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan membantu guru untuk memahami pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak guru menjadi candu menggunakan aplikasi-aplikasi ini dalam pembelajaran mereka.

Komentar