ANBK SMPN 1 BPBR Berjalan Lancar

Pendidikan578 Dilihat

SUMSEL.NEWS – PENDIDIKAN – Sebanyak 45 Pelajar SMP Negeri 1 Buay Pemuka Bangsa Raja (BPBR) mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang digelar sekolah. Pada Rabu (6/10/2021). ANBK jenjang SMP dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia dari tanggal 4-7 Oktober 2021.

ANBK dilaksankan dua gelombang, gelombang 1 tanggal 4-5, gelombang II tanggal 6-7. ANBK merupalan Program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dalam rangka meningkatkan mutu sekolah dan merupakan pengganti dari ujian nasional.

Kepala SMPN 1 BPBR Sarjiman, mengatakan pada pelaksanaan ANBK pertama tahun ini, sekolah yang dipimpinya terpilih untuk melaksankan asesmen, sebanyak 45 siswa mengikuti asesmen  kesemuanya merupakan siswa kelas VIII.

“Hari ini ANBK dilakasanakan tiga sesi, 15 siswa setiap sesinya, dan besok Kamis (Rabu, red) juga. Untuk hari pertama, siswa mengerjakan soal literasi dan dihari keduanya mengerjakan soal numerisasi, Alhamdulilah semuanya berjalan lancar,” Kata Sarjiman, kepada Sumsel.news, ketika ditemui diruang Kerjanya.

Disebutkannya, ANBK untuk satu sesinya membutuhkan waktu selama dua jam, untuk sesi pertama dimulai dari pukul 07.30 WIB sampai 9.30 WIB, sesi kedua Pukul 10.30 – 12.30 WIB, dan sesi ketiga pada 13.00 – 15.00 WIB.

“Untuk hari kedua nanti setiap siswa dan guru juga akan mengerjakan soal survei,” sebut Bapak dua putrid, yang menyelesaikan Pendidikan Pascasarjananya di Universitas PGRI Palembang pada 2011 silam.

Ia merinci, untuk hambatan yang ditemui selama pelaksanaan ANBK tidak begitu banyak, hanya permasalahan yang sudah diperkirakan dan semuanya sudah dilakukan antisipasi sebelumnya, seperti permasalahan sinyal dan PLN Padam. Untuk peserta semuanya hadir mengikuti ANBK, sebab sebelumnya sudah ada jadwal dan pemberitahuan kepada siswa yang namanya terdaftar.

“Permasalahanya, sinyal sama mati lampu pada sesi pertama,” ucap Pria yang juga aktif sebagai Tutor di Universitas Terbuka Program Studi PAUD di Belitang ini merincikan permasalahan saat ANBK. (apen)     

Komentar